Jumat, 01 Juni 2012

DEFINISI DAN DAMPAK SEDIMENTASI


Sedimentasi dapat diartikan sebagai pengangkutan, melayangnya (suspense), atau mengendapnya material fragmental oleh air.

Dampak sedimentasi.

Di sungai, pengendapan sedimen di dasar sungai yang menyebabkan naiknya dasar sungai, kemudian menyebabkan tingginya muka air sehingga berakibat seringnya terjadi banjir yang menimpa lahan-lahan yang tidak dilindungi . hal tersebut di atas dapat pula menyebabkan aliran meandering dan mencari palung baru.

Di saluran, jika saluran irigasi atau saluran pelayaran dialiri air penuh sedimen akan terjadi pengendapan sedimen di saluran. Sudah tentu akan diperlukan biaya yang cukup besar untuk pengerukan sedimen tersebut. Pada keadaan tertentu pengerukan menyebabkan terhentinya operasi saluran.

Di waduk-waduk, pengendapan sedimen di waduk-waduk akan mengurangi volume efektifnya. Sebagian besar jumlah sedimen yang dialirkan oleh sungai-sungai yang mengalir ke waduk hanya sebagian kecil saja yang berasal dari longsoran tebing-tebing waduk atau yang berasal dari gerusan tebing-tebingnya oleh limpasan permukaan.

Di bendungan atau pintu-pintu air, menyebabkan kesulitan dalam mengoperasikan pintu-pintunya. Juga karena pembentukan pulau-pulau pasir (sand bars) di sebalah hulu bendungan atau pintu air akan mengganggu aliran air lewat bendungan atau pintu air.




Di daerah sepanjang sungai, banjir akan lebih sering terjadi di daerah yang tidak terlindungi. Daerah yang dilindungi oleh tanggul akan aman., selama tanggulnya selalu dipertinggi sesuai dengan kenaikan dasar sungai dan muka airnya akan mempengaruhi drainase daerah sekitarnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar