Selasa, 29 Mei 2012

KLASIFIKASI AIR TANAH


Air tanah dapat dibagi menjadi tiga sebagai berikut.
  • Air tanah dangkal terjadi karena adanya daya peresapan air dari permukaan tanah. Pada proses peresapan ini lumpur dan bakteri akan tertahan sehingga air tanah menjadi jernih. Air tanah dangkal banyak mengandung zat kimia tertentu, misalnya garam-garam yang larut dalam air.  Selain terjadi proses penyaringan, juga terjadi pengotoran terutama pada muka air yang dekat dengan muka tanah.  Air tanah dangkal dapat dimanfaatkan sebagai sumur gali atau sumur dangkal.
  •  Air tanah dalam terdapat pada kedalaman ±100 - 300m sehingga harus digunakan bor dan memasukkan pipa untuk mendapatkan air tersebut. Kualitas air tanah dalam ini lebih baik dari air dangkal karena penyaringannya lebih sempurna dengan melalui lebih banyak lapisan tanah, sehingga air yang sampai pada kedalaman tersebut sudah lebih bersih dan bebas dari bakteri jika dibandingkan dengan air tanah dangkal.  
  • Mata air yaitu air tanah yang keluar dengan sendirinya ke permukaan tanah dan hampir tidak terpengaruh oleh musim, sehingga baik kualitas ataupun kuantitasnya sama dengan air  tanah dalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar