Kamis, 31 Mei 2012

PENGERTIAN LINGKUNGAN


Menurut Emil Salim (dalam Rahmayanti, 2009) menjelaskan pengertian lingkungan adalah segala benda dan kondisi yang ada dalam ruang yang kita tempati, dan mempengaruhi hal-hal yang tidak hidup maupun hidup termasuk kehidupan manusia. Hal senada disampaikan Otto Soemarwoto (dalam Rahmayani, 2009) lingkungan merupakan jumlah semua benda dan kondisi yang ada dalam ruang yang kita tempati yang mempengaruhi kehidupan kita. Sedangkan  Goodall (dalam Yunus, 2010) lingkungan diartikan sebagai suatu kondisi eksternal keseluruhan yang berada diluar organisme, komunitas, dan objek. Lebih lanjut pengertian organisme dalam hal ini dapat diartikan sosok biologis secara individual, apakah manusia, binatang, ataupun tumbuhan. Sementara pengertian komunitas dapat diartikan sebagai suatu kesatuan yang dapat berarti komunitas manusia, komunitas binatang, maupun komunitas tumbuhan. Sedangkan pengertian objek dalam hal ini sebagai pokok bahasan non organisme dan hal ini dapat juga diartikan dalam dimensi individu atau kelompok, contoh objek individual seperti gedung tertentu, sebuah danau, dan objek kelompok seperti sumur gali dalam kawasan suatu permukiman. 
 Berdasarkan pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa lingkungan selalu dikaitkan dengan pokok bahasan yang akan menjadi fokus analisis, karena lingkungan adalah semua kondisi yang berada diluar objek bersangkutan, sehingga dapat diartikan lingkungan dapat mempengaruhi objek.

1 komentar:

  1. How to play Slots in New Jersey - Dr. MD
    Find out what to learn and a list 광주광역 출장마사지 of states where Slots is legal 청주 출장마사지 to play 창원 출장샵 slots. Learn about the top casinos where you can play 제천 출장샵 slots 군포 출장안마 online.

    BalasHapus