Selasa, 29 Mei 2012

PENGERTIAN HIDROLOGI


LINSLEY (1975) menyatakan hidrologi sebagai bagian dari geografi fisik yang membahas air di bumi dengan penekanan khusus pada distribusi, sifat-sifat, terdapatnya air di bumi, deskripsi bumi dengan hubungannya air, dan efek fisik dari air di bumi serta hubungannya antara air dengan kehidupan di bumi.

LEE (1990) yang menyatakan bahwa hidrologi adalah ilmu yang membahas tentang air di bumi, terjadinya, sirkulasi, dan tagihannya, sifat-sifat kimia dan fisiknya, serta reaksi dengan lingkungannya termasuk reaksinya dengan benda-benda hidup.

SOEMARTO (1986) adalah suatu ilmu yang menjelaskan tentang kehadiran dan gerakan air di alam kita ini. Ini meliputi berbagai bentuk air, yang menyangkut perubahan-perubahannya antara keadaan cair, padat, dan gas dalam atmosfer, di atas dan di bawah permukaan tanah. Di dalamnya tercakup pula air laut yang merupakan sumber dan penyimpanan air yang mengaktifkan penghidupan di planet bumi.

Hidrologi Adalah suatu ilmu yang mempelajari air dibumi, kejadian, sirkulasi dan distribusi, sifat-sifat kimia dan fisika dan reaksinya dengan lingkungan, termasuk hubungannya dengan mahkluk hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar